service ac pekanbaru – Sistem pendingin udara yang dirawat dengan baik akan menggunakan energi 15% hingga 40% lebih sedikit daripada sistem yang diabaikan. Apakah Anda memerlukan seorang profesional untuk membantu Anda mencapai penghematan ini?

Saya telah membahas di artikel lain bahwa ada beberapa tindakan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan atau mempertahankan efisiensi unit AC Anda, tetapi untuk tugas yang sangat teknis, yang terbaik adalah menyerahkannya kepada ahlinya.

Penyesuaian dan perbaikan AC harus dilakukan oleh para profesional. Unit AC jauh lebih kompleks daripada yang terlihat. Ada gas refrigeran, sambungan mematri, kompresor, kipas, koil, sirip, starter listrik, termostat, sakelar beban berlebih, filter, pengering, oli pelumas, panci pembuangan, insulasi, penyangga, sistem kontrol, penginderaan jauh, dan banyak komponen lain yang merupakan teknisi AC perlu memahami.

Selain itu, terdapat alat yang khusus dibuat untuk pekerjaan AC – alat pembakaran, penyok tabung, pemotong, manifold pengisian gas, pompa vakum, sisir sirip, bahan kimia pembersih koil, kunci soket ratchet, obor mematri, solder, voltmeter, clamp meter, dan banyak lainnya.

Jika unit AC perlu diservis, teknisi servis profesional harus membersihkan koil evaporator dan kondensor, memeriksa tekanan refrigeran, dan menyesuaikan serta melumasi komponen yang bergerak. Jika gas refrigeran tidak mencukupi, sistem perlu diisi ulang. Ini hanya dapat dilakukan dengan memeriksa tekanan dalam sistem. Ia juga akan mencari gejala lain yang dapat menyebabkan kegagalan atau ketidakefisienan dan kemudian memperbaikinya.

Jika Anda memiliki sistem yang dikemas, teknisi akan membantu memeriksa peredam saluran dan jika perlu, perbaiki atau ganti. Sistem pendingin udara yang berbagi pekerjaan saluran dengan tungku harus memiliki peredam di saluran. Ini mencegah udara dingin memasuki lemari tungku di musim panas, dan udara hangat keluar ke AC di musim dingin. Peredam yang hilang atau tidak berfungsi dapat menghabiskan banyak energi dan menyebabkan korosi pada tungku. Ini harus diperbaiki.

Seberapa sering Anda perlu memanggil tenaga profesional? Ini sangat tergantung pada seberapa banyak sistem pendingin Anda beroperasi. Prinsipnya, Anda perlu memanggil mereka pada interval yang disarankan berikut:

Daerah panas (beroperasi 8 bulan atau lebih per tahun) – setahun sekali.

Daerah hangat (beroperasi 5 hingga 8 bulan per tahun) – setiap 2 hingga 3 tahun.

Daerah dingin (beroperasi kurang dari 5 bulan per tahun) – setiap 3 sampai 5 tahun

Terkadang, memelihara sistem pendingin saja tidak cukup. Anda mungkin perlu mengganti sistem AC dengan peralatan yang lebih baru. Penggantian AC masuk akal jika:

AC sudah lebih dari 10 tahun.
Efisiensi AC (SEER atau EER) di bawah 7 atau 8.
Perbaikan atau modifikasi unit yang ada akan menelan biaya lebih dari setengah biaya penggantian.
Unit tidak beroperasi dengan benar dan tidak dapat diperbaiki.
Anda telah menyegel dinding, lantai, langit-langit, dan saluran rumah Anda, memasang jendela badai, dan melakukan pemeliharaan sistem pendingin, tetapi tetap tidak dapat membuat rumah Anda tetap sejuk.
Ini adalah beberapa hal yang dapat dibantu oleh seorang profesional:

Ganti sistem pendingin udara

Dalam beberapa situasi, lebih masuk akal untuk mengganti AC lama dengan unit baru yang berefisiensi tinggi. Penggantian AC harus dipertimbangkan jika unit yang ada sudah aus, tidak efisien, atau ukurannya sangat besar.

Memperbaiki AC yang ada mungkin tampak menjadi pilihan yang paling murah, tetapi mungkin lebih mahal dalam jangka panjang. Membayar untuk perbaikan pada sistem yang lebih lama dan tidak efisien dapat dengan mudah memperpanjang kebutuhan penggantian yang tak terelakkan. Memasang sistem baru yang hemat energi mungkin jauh lebih hemat biaya. Seorang teknisi sistem pendingin dapat membantu Anda mengevaluasi apakah sistem pendingin udara baru sudah sesuai.

Mengukur AC Anda.

Lebih besar tidak selalu lebih baik dalam hal AC Anda. Sebagai permulaan, peralatan yang terlalu besar mungkin kurang efektif dalam mengeringkan kelembapan rumah Anda. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan masalah kelembapan di rumah, tetapi kelembapan yang lebih tinggi mungkin memaksa Anda menurunkan termostat untuk mencapai tingkat kenyamanan yang sama – meningkatkan penggunaan energi Anda. Unit yang terlalu besar juga mengalami siklus hidup dan mati lebih sering, yang meningkatkan keausan, memperpendek masa pakai, meningkatkan frekuensi perbaikan, dan mengurangi efisiensi. Plus, pada awalnya, membeli peralatan berukuran besar lebih mahal. Jika membeli AC baru, beban pendinginan harus dihitung dengan cermat oleh pemasok peralatan Anda.

Pendingin evaporatif.

Jika Anda tinggal di iklim yang panas dan kering, seperti Barat Daya, pendingin evaporatif (pendingin rawa) bisa menjadi alternatif yang baik untuk AC siklus-refrigeran. Pendingin evaporatif menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada pendingin udara standar. Tanyakan kepada kontraktor AC lokal untuk mengetahui apakah sistem seperti itu cocok untuk rumah Anda.