Sejak dikembangkan oleh Andy Rubin pada tahun 2003, sistem operasi android terus mendominasi perangkat mobile di dunia. Berdasarkan laporan ‘Global Stashot: Digital di Q3 2017’ seperti dilansir Katadata bahwa ada sekitar {72 | Seventy Two} 0,9 persen pengguna perangkat mobile menggunakan android sebagai sistem informasi. Tidak mengherankan, perusahaan dan individu yang menggunakannya untuk membuat aplikasi. Jadi, bagaimana membuat aplikasi android sendiri dengan mudah? Anda dapat melihat review berikut.

 

Pertama menentukan aplikasi apa yang akan dibuat

Sebelum membuat aplikasi Android, Anda perlu menentukan terlebih dahulu untuk apa aplikasi ini dibuat. Semisalnya hanya untuk perusahaan, pembelian dan penjualan situs {secara online | secara online} dan sebagainya. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mendekatkan {merek | model} dengan konsumen adalah salah satunya. Kemudian untuk membeli dan menjual situs {secara online | secara online} adalah untuk memfasilitasi transaksi dan sebagainya.

 

Dalam membuat aplikasi android beberapa untuk dipertimbangkan adalah kemudahan penggunaan, penampilan menarik dan dapat digunakan dalam berbagai platform. Anda juga perlu menyoroti keuntungan pula apa aplikasi android dengan aplikasi lain yang sejenis.

 

Pilih perangkat lunak yang sesuai

Langkah selanjutnya setelah Anda mempertimbangkan apa aplikasi android adalah memilih perangkat lunak aplikasi. Cara membuat aplikasi android kadang-kadang diperlukan coding yang kompleks. Namun, sekarang ada juga {software | software} program khusus untuk membuat aplikasi Android sendiri tanpa menggunakan rumit coding.

 

Perangkat lunak ini biasanya tidak {bebas | membebaskan biaya} dan dibayar. Keuntungan bila Anda menggunakan {software | software} program dibayar, manfaat akan lebih besar karena Anda bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini. Beberapa contoh perangkat lunak {|} program perangkat lunak yang Anda dapat memilih menyertakan ShoutEm, Appery, Mobile Roadie, The App Builder, dan AppMakr. Jangan lupa untuk memperhatikan fitur dalam perangkat lunak {|} Program perangkat lunak untuk kebutuhan aplikasi android.

 

Mulai merancang aplikasi

Cara membuat aplikasi android termudah biasanya menggunakan perangkat lunak {|} program perangkat lunak terbaik. Mari kita ambil contoh dari ShoutEm. Untuk masuk ke {software | Program perangkat lunak} Anda perlu login dengan memasukkan alamat email {| email | email} dan password. Setelah masuk, Anda dapat memilih aplikasi apa yang ingin membuat aplikasi bisnis misalnya, musik, radio, dan sebagainya. Kemudian, Anda dapat memilih aplikasi tema apa yang menarik dan sesuai. Anda juga dapat menambahkan gambar atau gambar yang sesuai dengan ukuran, tapi cukup besar.

 

Berikutnya, Anda dapat menambahkan fungsi atau kegiatan dalam aplikasi. Fungsi ini akan muncul sebagai layar baru dalam aplikasi. Setelah itu menyesuaikan tampilan teks dan konten. Misalnya, Anda akan link {blog | weblog} dalam mengisi RSS dengan pengiriman terbaru. Perhatikan juga layout untuk setiap fungsi.

 

Keuntungan dari perantara ShoutEm ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin mempublikasikan aplikasi android Anda telah Anda buat untuk iPhone. Jika disetujui, maka aplikasi Anda akan muncul dalam pelayanan AppStore ketika sesuai dengan kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan oleh Apple. Adapun GooglePlay sedikit lebih mudah.

 

Percobaan

Langkah terakhir tentang bagaimana membuat aplikasi android diuji. Setelah Anda selesai membuat desain aplikasi android Anda, harus diuji terlebih dahulu. Untuk itu Anda harus men-download file APK ke perangkat Anda dan melakukan pengaturan. Tujuannya adalah untuk menemukan bug atau tidak dalam aplikasi android.