sewa mobil di jepang

Kiat penting untuk menyewa mobil dan mengemudi di Jepang

Menyewa mobil adalah cara yang bagus untuk menjelajahi Jepang. Cara kerja menyewa mobil di Jepang sedikit berbeda dibandingkan di banyak negara lain. Cari tahu bagaimana menikmati menyewa mobil dan menemukan Jepang yang indah sesuai keinginan Anda.

Memesan mobil sewaan Anda

Untuk memberi diri Anda pilihan mobil dan harga, paling mudah memesan mobil sewaan Anda sebelumnya . Untuk mengetahui lebih lanjut, lihat Kapan waktu termurah untuk memesan mobil sewaan Anda .

Tidak seperti negara lain, tidak banyak konter persewaan di Jepang yang buka 24 jam sehari, bahkan di bandara. Saat Anda memesan mobil melalui Rentalcars.com, cukup pilih waktu yang sesuai untuk Anda dan kami hanya akan menampilkan mobil yang dapat Anda ambil pada waktu itu.

Anda akan menemukan banyak pilihan perusahaan persewaan mobil yang bagus di Jepang, dengan berbagai macam mobil yang ditawarkan. Apa pun jenis mobil yang Anda pilih untuk perjalanan Anda, kemungkinan besar mobil itu memiliki kotak roda gigi otomatis, karena sejauh ini merupakan pilihan paling populer di Jepang.

Jika Anda memiliki surat izin mengemudi manual, Anda dapat mengemudi dan menyewa mobil otomatis secara legal, meskipun membiarkan mobil menangani persnelingnya mungkin membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pertama kali mengendarai mobil matic? 5 tips agar mudah berkendara .

Sebagian besar mobil juga dilengkapi dengan GPS multi-bahasa yang sudah termasuk dalam harga, yang seharusnya memberikan petunjuk arah dalam bahasa Inggris dan bahasa lain. Atau, Anda dapat menggunakan ponsel Anda sebagai GPS. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengemudi ke luar negeri? Berikut cara membuat GPS / navigasi satelit gratis .

Memiliki dokumen yang tepat

Pengemudi dengan SIM non-Jepang perlu mendapatkan Izin Mengemudi Internasional (IDP) sebelum mengambil mobil sewaan mereka. Ini adalah terjemahan resmi dari lisensi Anda – ini tidak menggantikannya. Staf di konter persewaan akan meminta untuk melihat Surat Izin Mengemudi Internasional Anda, bersama dengan surat izin mengemudi nasional Anda.

Mendapatkan Izin Mengemudi Internasional sangat mudah, tetapi Anda harus membelinya sebelum melakukan perjalanan. Untuk mengetahui lebih lanjut, lihat Cara mendapatkan Izin Mengemudi Internasional .

Mengambil mobil sewaan Anda

Anda akan menemukan staf di konter persewaan sangat sopan, membantu dan ingin membuat seluruh proses menyewa mobil semudah mungkin.

Saat Anda mengambil mobil sewaan, Anda harus menunjukkan SIM, Izin Mengemudi Internasional, dan paspor Anda kepada staf.

Tidak banyak perusahaan persewaan yang memaksa untuk mengambil uang jaminan di awal persewaan Anda di Jepang, tetapi beberapa dapat melakukannya. Biasanya Anda memerlukan kartu kredit dengan nama pengemudi utama untuk ini.

Sama seperti saat Anda menyewa mobil di tempat lain, staf loket akan memeriksa apakah dokumen Anda sudah benar dan menjelaskan detail perjanjian sewa Anda .

Saat Anda masuk ke mobil, periksa keluar-masuknya – dan pastikan agen mencatat adanya goresan, penyok, atau keripik sebelum Anda pergi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak 7 tips singkat kesempurnaan sewa mobil pick-up .

Asuransi mobil sewa

Saat Anda menyewa mobil di Jepang, asuransi tingkat dasar sudah termasuk dalam harga.

Akan ada kelebihan, biasanya sekitar 100.000 Yen Jepang (antara 700 dan 900 Euro / pound). Terserah Anda jika ingin mengupgrade asuransinya.

Anda dapat membeli asuransi tambahan dari tempat Anda memesan mobil, dari perusahaan persewaan yang Anda gunakan, atau dari situs web pihak ketiga.

Jika Anda mengalami kecelakaan di Jepang, perusahaan asuransi mana pun akan meminta Anda untuk melaporkannya kepada polisi, atau mereka mungkin tidak akan membayar. Nomor yang dihubungi adalah 110.

Mengemudi mobil sewaan Anda

Anda akan menemukan bahwa jalan di Jepang terpelihara dengan baik dan pengemudi yang perhatian serta berhati-hati.

Jika Anda menggunakan GPS atau ponsel Anda, cara termudah untuk mendapatkan petunjuk arah ke tujuan Anda sering kali adalah dengan memasukkan nomor teleponnya ke dalam sistem GPS, tetapi Anda juga dapat menggunakan kode posnya. Jika Anda tidak memiliki GPS, kebanyakan rambu jalan ditulis dalam bahasa Jepang dan Inggris, terutama di rute utama dan di daerah perkotaan.

Satu perbedaan besar antara mengemudi di sebagian besar negara Eropa dan Jepang adalah biasanya ada biaya yang harus dibayar untuk bepergian dengan jalan tol (setara dengan jalan raya).

Jadi, jika Anda berencana bepergian ke luar kota utama, ada baiknya memeriksa dengan perusahaan persewaan bahwa mobil yang Anda sewa dilengkapi dengan kartu Electronic Toll Collection (ETC).

Kartu ETC secara otomatis dan nirkabel terhubung dengan gerbang tol mana pun saat Anda melewatinya, dan mencatat seberapa jauh Anda melakukan perjalanan di sepanjang jalan tol. Artinya, ketika Anda sampai di gerbang tol, Anda dapat berkendara langsung melalui jalur biru ETC dan Anda tidak perlu mengantre untuk membayar tunai. Anda mungkin akan membayar sedikit biaya untuk memiliki kartu ETC di mobil Anda. Dan bila Anda mengembalikan mobil di akhir masa sewa, Anda akan membayar tagihan yang dihitung berdasarkan seberapa jauh Anda telah menempuh perjalanan di sepanjang jalan tol.

Mengembalikan mobil sewaan Anda

Sebagian besar persewaan di Jepang memiliki kebijakan bahan bakar ‘penuh hingga penuh’. Ini berarti tangki bahan bakar sudah penuh saat Anda mengambil mobil, dan Anda mengisi ulang tangki sebelum Anda mengembalikannya.

Jadi, jika polis bahan bakar Anda ‘penuh hingga penuh’, rencanakan rute Anda sehingga Anda dapat mengisi tangki sebelum menurunkan mobil Anda – dan pastikan Anda menyimpan tanda terima jika perlu menunjukkannya kepada perusahaan persewaan.

Banyak pompa bensin di Jepang yang memiliki layanan penuh, di mana petugas akan mengisi tangki Anda untuk Anda. Mereka bahkan mungkin membersihkan kaca depan Anda dan membuang semua sampah yang Anda miliki.

Itu semua adalah bagian dari layanan dan Anda tidak akan membayar ekstra. Namun, pom bensin swalayan menjadi lebih umum, dan jika Anda tidak bisa membaca bahasa Jepang maka penandaannya bisa sedikit membingungkan. Untungnya, label pada pompa bahan bakar semuanya diberi kode warna sehingga Anda dapat memilih yang tepat untuk mobil Anda.

  • Pompa bahan bakar berwarna berbeda di pom bensin
  • Pompa tanpa timbal biasa berwarna merah.
  • Pompa diesel berwarna hijau.
  • Pompa bahan bakar oktan tinggi berwarna kuning.

Selain memeriksa berapa banyak bahan bakar di dalam tangki, staf akan memeriksa kondisi mobil bersama Anda. Ada baiknya mengambil foto pengukur bahan bakar dan bagian dalam serta luar mobil, agar Anda memiliki beberapa bukti jika nanti terjadi tagihan tak terduga.

Misalnya, setelah Anda menyelesaikan biaya tambahan untuk bepergian di jalan tol, Anda sudah selesai.

Polisi Jepang biasanya berpatroli dengan lampu yang berkedip-kedip sepanjang waktu, jadi jangan khawatir, Anda tidak akan dihentikan kecuali Anda mendengar sirene.

Sopan untuk segera menyalakan lampu hazard jika seseorang membiarkan Anda keluar di persimpangan

Pejalan kaki selalu mendapat prioritas di jalan Jepang

Tempat parkir mobil sering kali memiliki penghalang kecil yang mengunci mobil Anda di tempatnya sampai Anda membayar

  • Kebanyakan jalan raya memiliki jalan tol
  • Singkatnya: Apa bedanya menyewa mobil di Jepang?
  • Sebagian besar mobil otomatis, tidak seperti saat Anda menyewa di Eropa dan belahan dunia lain
  • Anda memerlukan Surat Izin Mengemudi Internasional untuk menyewa mobil di Jepang
  • Perusahaan persewaan jarang meminta uang jaminan

Sumber: