Mesin Mobil Panas Tapi Air Radiator Penuh

Mungkin ini kejadian yang bisa jadi membuat anda heran, dimana kondisi air radiator mobil sudah penuh akan tetapi ketika digunakan sebentar saja kemudian berhenti ada pegang bagian kap mobil anda sudah sangat panas atau bisa anda cek pada bagian light engine di kabin suhunya sudah tidak normal.

Kondisi ini harus anda wasapadai dan segera tangani kalau tidak akan merembet pada kerusakan mesin yang parah.

Kondisi tidak normal pada naiknya suhu yang semakin panas pada sebuah mobil salah satu penyebabnya adalah masalah pada radiatornya.

Lalu bagaimana penjelasan ilmiah ketika air radiotor penuh dan tetap panas ? mari kita coba bahas kasus ini sehingga nanti anda akan mendaptkan tambahan pengetahuan dalam hal bagaimana perawatan mobil yang baik selain perawatan standar lainya seperti ganti oli mobil rutin.

Yang pertama adalah bisa jadi karena adanya kebocoran, jadi ketika anda isi menggunakan coolant terlihat penuh namun beberapa saat setelah anda tutup kap mobil anda airnya bisa jadi sudah hilang tidak tersisa ini biasanya adanya kebocoran.

Kebocoran ini sangat berbahaya memang kalau air radiator tersebut masuk ke bagian kap oli dan membuat oli tercampur.

Bukan hanya masalah pada satu asepk saja namun anda akan menemui masalah pada kondisi oli mesin makanya banyak orang yang ganti oli sangat cepat karena kondisi ini meskipun memang harga ganti oli tidaklah mahal tapi kalau sangat sering bakalan tekor.

Ok kita akan coba ulas sedikit mengenai kejanggalan ini, masalah bocor mungkin sudah bisa anda hendel namun kalau tidak ada kebocoran dan mesin tetap panas maka bisa anda lakukan pengecekan pada beberapa komponen dibawah ini;

  1. Coba anda cek pada bagian sirkulasinya

Pada bagian sirkulasi ini ada satu yang harus anda pastikan. Apakah air radiator pada mobil anda berjalan atau tidak.

Kebanyakan kasus memang dengan tersumbatnya aliran pada selang ini akan memberikan dampak mobil cepat panas karena air radiator sama saja tidak berguna disebabkan ketersumbatan tersebut.

Jika ini masalahnya maka kami sarankan anda mencoba melihat juga beberapa komponen pendukung seperti waterpump misalkna cek apakah pompanya masih normal atau sudah tidak berfungsi, kemudian pada bagian saluran sistem pendinginya juga apakah ada kotoran yang menutupi kalau ada coba anda bersihkan kemudian pasang lagi apakah ada perubahan.

Beberapa hari yang lalu saya mencoba memeriksa bagian ini, ternyata benar ada banyak kotoran disana karena tidak mau ribet akhirnya saya membawa ke bengkel saja di daerah jawa barat lengkap disana sekalian mencoba servis ganti oli bekasi juga dan memang murah.

Oke lanjut setelah itu anda bisa perhatikan juga pada bagian komponen lainya seperti thermostat, saluran radioator dan yang lainya.

  1. Masalah kedua bisa jadi ada pada radiator

Kondisi yang sangat jarang memang bisa anda hadapi ketika mesin panas dengan kondisi air radiator penuh. Jika terjadi selain faktor diatas tidak ada indikasinya maka coba cek pada bagian kipas radiatornya apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah mulai melemah fungsinya.

Sistem kerjanya sangat sederhana sekali memang, jika air radiator anda mengalir penuh maka mesin akan tetap stabil suhunya seberapa lamapun anda menggunakanya dengan catatan kipas pada bagian radiator ini bergerak stabil tidak melemah nah oleh karena itu bisa anda cek juga ya bagaimana teganganya apakah stabil atau sebaliknya.

Adapun beberapa hal yang membuat kipas ini melemah fungsinya adalah yang pertama ada masalah pada brush motor bisa habis mungkin, kemudian juga kondisi kotor bisa juga, sampai pada bagian socket kipasnya perlu anda priksa.

  1. Yang ketiga anda bisa cek fungsi pada temperatur gauge

Kondisi yang kerap terjadi secara umum pada bagian ini adalah sebuah gejala yang tidak normal akan anda temukan dengan mudah. Lalau dampaknya akan sangat terasa dimana mesin akan terasa panas banget padahal aslinya masih bisa ditakan dalam golongan normal saja ini terkesan menipu memang namun segera anda bereskan kalau ingin tetap nyaman berkendara.