Malang merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Jawa Timur. Memiliki kawasan pegunungan sekaligus pantai menjadikan destinasi wisata di Malang begitu beragam. Tidak ada perjalanan ke Malang yang lengkap tanpa oleh-oleh khas kota kembang ini. Letaknya di daerah pegunungan dan juga membuat produk souvenir dari bahan alami.

Jika Anda berkunjung ke Malang, tidak sulit membawa oleh-oleh dari kota yang terkenal dengan klub bola singa gilanya ini. Jenis oleh-oleh yang satu ini dijamin bakal dilupakan dengan Malang. Berikut ini daftar suvenir terkenal.

Kami juga menyediakan layanan travel malang surabaya ataupun sebaliknya travel surabaya malang dengan harga bersahabat.

1. Apel

Salah satu daerah di Kabupaten Malang yang terletak di dekat Gunung Semeru ini dikenal sebagai penghasil apel terbaik. Karenanya Malang juga dikenal sebagai kota apel.

Berwisata ke Malang belum lengkap rasanya tanpa membawa buah apel sebagai salah satu buah asli Malang. Apel Malang memiliki ciri khas, meski kecil dan hijau, tapi dijamin manis.

2. Pia Mangkok

Selain apel, oleh-oleh legendaris yang wajib dibawa dari Malang adalah Pia Mangkok. Pia legendaris yang sudah ada sejak 1959 ini tidak pernah ditinggalkan wisatawan.

Meski biasanya pia hanya dibuat dengan rasa kacang hijau, Pia Mangkok memiliki rasa yang beragam. Ada rasa keju, coklat, tangkwe, durian hingga green tea. Pia ini bisa bertahan hingga 2 minggu. Jadi, Anda bisa membawa hadiah.

3. Keripik Buah

Dikenal sebagai penghasil buah utama di Jawa Timur, masyarakat Malang kemudian melakukan inovasi agar buah yang dihasilkan tidak membusuk sembarangan. Salah satunya adalah membuat keripik.

Keripik buah ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Malang. Keripik buah ada bermacam-macam jenis, seperti keripik apel, nangka, lengkeng, salak hingga keripik semangka.

4. Sari Apel

Produksi apel yang melimpah di Malang membuat masyarakat Malang terus berkreasi dengan bahan dasar apel. Salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa dari Malang adalah sari apel.

Minuman jus apel ini dibuat murni dari buah apel yang telah dipindahkan dengan ampasnya. Minum tanpa pengawet dan pemanis, mulai lebih baik untuk semua orang. Kemasan praktis juga mudah diminum.

5. Malang Strudle

Jenis makanan yang termasuk dalam kategori snack adalah produk yang benar-benar baru dan sedang populer. Perjuangan malang dan populer ini juga harus ada.

Terbuat dari bahan kue lapis yang berbentuk seperti kue yang kemudian diisi dengan berbagai macam buah-buahan segar, kue ini memiliki rasa dan cita rasa yang unik. Ada pilihan isi strudle yang bisa dipilih, seperti apel, nanas, pisang, stroberi hingga campur dengan buah-buahan.

6. Carang Mas

Oleh-oleh yang bisa dibawa dari Malang selanjutnya adalah carang mas. Jajanan tradisional ini terbuat dari singkong yang diparut agar menyerupai mie, kemudian dicampur dengan gula merah. Adonan kemudian dibulatkan dan digoreng.

Camilan ini rasanya manis dengan tekstur yang renyah. Properti yang awet bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa ke pelosok.

7. Keripik Tempe

Selain terkenal dengan keripik buahnya, Malang juga terkenal dengan keripik candi. Bahkan ada satu desa di Malang yang menjadi sentra pembuatan keripik tempe.

Keripik tempe dari Malang dibuat dengan menambahkan berbagai jenis bumbu. Sehingga rasanya menjadi lebih renyah dan enak. Selain rasa aslinya, ada juga kripik tempe pedas yang bisa jadi pilihan.